Jumat, 04 November 2016

April 2016 Bintan Jadi Tuan Rumah Ajang Wisata Sepeda Dunia

"April 2016 Bintan Jadi Tuan Rumah Ajang 'Wisata Sepeda' Dunia Sesudah tidak hadir setahun, Tur de Bintan akan kembali diadakan pada 1-3 April 2016 dengan melibatkan sekitaran 70 tim balap sepeda dari 40 negara. Arena ini adalah satu diantara satu perlombaan internasional yang bakal melibatkan 800 orang peserta.

Kepala Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira, menyampaikan berlangsung penurunan jumlah peserta dibanding Tur de Bintan lima th. terlebih dulu. Hal semacam ini berlangsung lantaran ada perpindahan saat proses lomba.

" Dari mulai penyelenggaraan 2009 sampai 2014, rata-rata peserta kami meraih seribu lebih. Th. ini alami penurunan cuma 800 peserta lantaran ada perpindahan jadwal penyelenggaraan, terlebih dulu Tur de Bintan senantiasa diadakan pada bln. November tetapi saat ini dipindahkan ke bln. April, " kata Luki waktu konferensi pers Tur de Bintan 2016 di Kementerian Pariwisata.

Peserta dari Singapura jadi pesera paling banyak disusul Inggris, serta Australia. Sesaat peserta Indonesia sejumlah 6 % dari keseluruhan pesepeda. Bekasnya datang dari Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Jepang, Prancis serta Selandia Baru.

Luki mengira, besarnya apresiasi pesepeda asal Singapura lantaran letaknya lomba yang dekat dengan negara itu.  

Konsentrasi dari Tur de Bintan 2016 yaitu perjalanan sejauh 153 km yang melalui ruang pusat Pulau Bintan pada stage 1. Walau tak ada tanjakan besar di lintasan, namun medan tidak selamanya datar serta perjalanan ini mencakup perbukitan yang berkelok dan cuaca yang panas.

Rute tour di buat beragam tiap-tiap th. untuk menghadirkan segi yang tidak sama dari Bintan. Th. ini penyelenggara lomba, MetaSport, sudah membuat Prologue Time Trial Course yakni balapan pembuka selama 12 km yang dilangsungkan sebelumnya stage 1 diawali. Karenanya ada Prologue, diinginkan pertandingan ini memberi tantangan sendiri serta makin menarik.

Diluar itu, Tur de Bintan th. ini dibagi jadi dua grup, yaitu Kelas Kompetitif yang terdiri jadi 4 kelompok yakni kelompok 1, kelompok 2 serta 3 untuk pria, dan 1 kelompok wanita.

Tur de Bintan juga tawarkan Gran Frondo atau Big Ride untuk ingindara sepeda yang menginginkan rasakan pengalaman bersepeda seperti pro dalam rute penuh tetapi tanpa ada mesti terasa terbebani lantaran berkompetisi. Gran Frondo diperuntukkan untuk mereka yang mempunyai jiwa petualang tinggi dimana tour meliputi 2 hari bersepeda dengan keseluruhan lintasan 260 km. Sesaat buat mereka yang cuma menginginkan bersepeda sehari bisa pilih Gran Frondo Classic (153 km) serta Gran Frondo Challenge (82 km).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyampaikan kalau Kementerian Pariwisata mensupport penuh Tur de Bintan serta mengharapkan arena ini menghadirkan banyak wisatawan.

" Dari acara ini, ditargetkan kehadiran wisman sejumlah 2. 000 orang, serta wisnus sejumlah 3. 000 orang. Menurut riset, sport moment bikin 80 % wisatawan menginginkan kembali pada ke destinasi itu. Data yang didapat MetaSport, acara Tur de Bintan sukses bikin 60 % wisatawan kembali, " terang Arief Yahya.

Ia juga menerangkan, Propinsi Kepulauan Riau, dimana Tur de Bintan diadakan, termasuk juga kedalam lokasi 'Great Batam' yang th. ini diinginkan bisa menyerap kunjungan wisman sejumlah 2, 5 juta orang.

(Sumber : Website Kemenpar, Indonesia. travel)

 

crosslink_1

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar